Friday, January 17, 2014

Banjir

seluruh wilayah nusantara menagalami keadaan yang sama, yaitu semuanya berada pada cuaca yang seragam. yaitu hujan. bisa dilihat di : http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Meteorologi/Prakiraan_Cuaca_Indonesia.bmkg
hujan bisa memiliki dua makna, yang pertama merupakan anugrah dan yang kedua merupakan bencana. menyikapi dua hal tersebut, setidaknya harus ada suatu refleksi bersama. bisa diakibatkan beberapa faktor untuk mendapatkan suatu kesimpulan berkenaan hujan merupakan anugrah atau bencana.
jika dilihat dari hasilnya, idealnya hujan memberikan kehidupan berdasarkan ayatnya bahwa hujan memberikan kehidupan bagi dunia ini. tentu saja, tumbuhan akan tetap hidup dengan adanya asupan air, manusia membutuhkan air minum, hewan pun sama. dampak yang terjadi coba lihat : banjir di manado, banjir di jakarta, banjir di bekasi, dan mungkin masih ada beberapa tempat lagi yang terkena banjir.
hal ini harus menjadi perbaikan kedepannya, bandung mensiasati banjir dengan program biopori atau wilayah-wilayah lain yang mulai berbenah dan mengambil langkah preventif untuk menghindari terjadinya banjir.

bukan berarti saya mengunggulkan program tersebut, namun ada yang harus dilakukan bersama untuk menangani hal ini. bukan tugas perorangan atau tugas suatu kelompok tertentu. namun menjadi tanggung jawab bersama yang sudah semestinya dilakukan oleh semua umat manusia.
jika boleh saya lakukan studi komparasi dengan kisah banjir yang terjadi pada zaman Nabi Nuh as. sebelum dilanjut, samakan definisi mengenai banjir yaitu : peristiwa terbenamnya daratan (yg biasanya kering) karena volume air yg meningkat (KBBI). pada zaman nabi Nuh (Al-A'raf 59-64). 
bersambung.

No comments:

Post a Comment